Alat Musik Kenong

Rabu, 10 Desember 2014


Kenong adalah alat musik tradisional Jawa yang sangat unik. Keunikan kenong terletak pada bentuknya yang khas dan suara yang dihasilkan.Kenong merupakan unsur yang penting dalam suatu permainan gamelan.

   Alat Musik KENONG alat musik tradisional Jawa yang sangat unik Keunikan kenong terletak pada bentuk yang khas dan suara yang dihasilkan. Kenong merupakan unsur penting dalam permainan gamelan.
Kenong termasuk dalam golongan pencon, yang termasuk di dalamnya juga gong, bonang, dan kethuk. KENONG unsur instrumen pencon gamelan yang paling gemuk, dibandingkan kempul dan gong yang walaupun besar namun berbentuk pipih.
 Kenong disusun pada pangkon berupa kayu keras yang dialasi dengan tali, sehingga pada saat dipukul kenong tidak akan bergoyang ke samping namun dapat bergoyang ke atas bawah, sehingga menghasilkan suara.
      Bentuk kenong yang besar menghasilkan suara rendah namun nyaring dengan timber yang khas Dalam gamelan, suara kenong mengisi sela-sela antara kempul. Dalam memberi batasan struktur suatu gendhing, kenong adalah instrumen kedua yang paling penting setelah gong. Kenong membagi gongan menjadi dua atau empat kalimat.

Di samping berfungsi menggaris-bawahi struktur gendhing, nada-nada kenong juga berhubungan dengan lagu gendhing memainkan nada yang sama dengan nada balungan; boleh mendahului nada balungan berikutnya untuk menuntun alun lagu gendhing dapat memainkan nada berjarak satu kempyung dengan nada balungan untuk mendukung rasa pathet. Pada kenongan bergaya cepat, dalam ayak-ayakan, srepegan, dan sampak, tabuhan kenong menuntun alur lagu gendhing-gendhing tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Pocket